Skip to content

Tekor Dikelola DPU, Alat Berat Milik Pemkab KP Dialihkan ke BUMD

July 13, 2012

diambil dari http://euro.harianjogja.com

KULONPROGO–Pengelolaan alat berat milik Pemkab Kulonprogo yang selama ini dilakukan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) akan dialihkan ke Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). DPU dianggap tidak kompeten dalam mengelola peralatan tersebut.

Ditemui Kamis (5/7) siang, Sekretaris Daerah (Sekda) Kulonprogo, Budi Wibowo mengatakan, pengalihan pengelolaan tersebut akan dilakukan karena selama ini biaya perawatan yang harus dikeluarkan justru lebih besar dibanding pemasukan dari penyewaan alat berat tersebut.

Menurutnya, berdasarkan rapat Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2011 dengan DPRD, pengelolaan alat berat ini merupakan salah satu yang harus dibenahi.

“Berdasarkan rapat pertanggungjawaban APBD 2011 ada tiga hal yang harus dibenahi yakni tentang alat-alat berat di DPU yang biaya pemeliharaaanya sangat tinggi; mengenai retribusi parkir, sampah, dan sebagainya; serta terkait UPTD harus diberdayakan dan menghasilkan dengan pola pengelolaan BLUD,” katanya.

Untuk mengalihkan pengelolaan alat berat ke BUMD tersebut, harus dilakukan perubahan Perda terlebih dulu, yakni Perda tentang penyertaan modal BUMD. Alat-alat berat yang akan dialihkan ke BUMD dinilai oleh tim indipenden. Kemudian nilainya dihitung sebagai penyertaan modal Pemkab ke BUMD.(ali)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: