Skip to content

BUMD Penjamin Kredit Solusi bagi UMKM

May 24, 2012
INDAG Selasa, 08 Mei 2012 08:20 WIB
MedanBisnis – Medan. Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) penjamin kredit dinilai sebagai solusi yang tepat terkait banyaknya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang belum bankable selama ini. Karen itu, Pemerintah Propinsi Sumatera Utara (Pempropsu) diharapkan segera menyampaikan ranperda pembentukan BUMD tersebut kepada DPRD Sumut.
“Perusahaan penjamin kredit tentunya akan menjadi dorongan bagi pihak perbankan untuk bersedia mengucurkan kredit kepada pelaku UMKM. Karena itu, kehadirannya sangat dibutuhkan dan harus disegerakan,” kata Anggota Komisi C DPRD Sumut Meilizar Latif, di Medan, Senin (7/5).
Dikatakannya, saat ini akibat minimnya akses ke perbankan, dikarenakan tidak bisa memenuhi persyaratan bank (unbankable) banyak UMKM yang secara potensi bisa dikembangkan, tapi luput dari bantuan, khususnya keredit perbankan. Bahkan, jumlah yang mendapatkan bantuan dari berbagai program pemerintah seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) tidak sampai 30% dari total sekitar 2,5 juta UMKM yang ada di Sumut.
“Bisa dibayangkan, jika ada perusahaan daerah penjamin kredit, tentunya akan semakin banyak UMKM yang bisa mendapat kredit dari perbankan, meskipun pada dasarnya mereka tidak bankable. Karena itu, perlu dukungan semua pihak untuk merealiasikan perusahaan penjamin kredit ini,” lanjutnya.
Sebelumnya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut Jhonni Pasaribu, saat rapat di DPRD Sumut menyampaikan Pempropsu segera akan membentuk BUMD penjamin kredit setelah ada payung hukumnya. Bahkan, kata dia, pihaknya sudah melakukan kajian untuk penyusunan rancangan peraturan daerah (ranperda) terkait BUMD penjamin kredit ini untuk selanjutnya disampaikan kepada DPRD Sumut untuk dibahas dan disahkan menjadi perda.
Terkait ranperda, Meilizar mendesak agar draf ranperda tersebut segera disampaikan kepada DPRD Sumut. Pasalnya, kata politisi Demokrat ini, pelaku UMKM sudah lama menantikan ada perusahaan penjamin kredit, mengingat selama ini mereka terkendala dengan persyaratan bank yang tidak bisa dipenuhi oleh pelaku UMKM.
“Fraksi Demokrat pastinya akan menjadi yang terdepan untuk segera mengajukan pembahasan ranperda perusahaan penjamin kredit ini masuk dalam prolegda Sumut, sebab sejak lama hal ini sudah menjadi usulan kami di fraksi agar Sumut memiliki BUMD penjamin kredit,” tambahnya. (herman saleh)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: