Skip to content

BUMD Dapat Jatah Kelola Migas

May 24, 2012

diambil dari http://www.pontianakpost.com

Rabu, 16 Mei 2012 , 08:27:00

JAKARTA—Upaya peningkatan partisipasi perusahaan lokal di sektor minyak dan gas bumi (migas) terus dilakukan. Kali ini, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membuka lebar peluang masuknya Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam pengelolaan migas di daerahnya masing-masing.

Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo mengatakan, BUMD memang memiliki hak untuk mendapatkan participating interest (PI) pada lapangan migas di daerahnya. Namun, untuk tahap awal, BUMD bisa belajar mengelola sumur-sumur minyak tua yang masih bisa berproduksi. “Sumur tua khusus kita sediakan untuk koperasi maupun BUMD,” ujarnya, kemarin (15/5).
Menurut Evita, untuk bisa ikut mengelola lapangan atau blok migas besar, BUMD harus memiliki kemampuan modal besar dan pengusaan teknologi tinggi. Karena itu, jika memang belum mampu, maka BUMD disarankan untuk terjun dulu di pengelolaan sumur-sumur minyak tua. “Untuk mencapai yang besar, harus dimulai dari yang kecil dulu,” katanya.
Pemerintah sudah memiliki payung hukum untuk pengelolaan sumur-sumur minyak tua, yakni Peraturan Menteri ESDM No 01 tahun 2008 tentang Pedoman Pengusahaan Pertambangan Minyak Bumi Pada Sumur Tua. Adapun yang dimaksud dengan sumur minyak tua adalah sumur-sumur minyak bumi yang dibor sebelum tahun 1970 dan pernah diproduksikan serta terletak pada lapangan yang diusahakan pada suatu wilayah kerja yang terikat kontrak kerja sama dan tidak diusahakan lagi oleh kontraktor kontrak kerja sama (KKKS).
Evita mengatakan, koperasi dan BUMD yang ingin mengelola sumur minyak tua bisa mengajukan permohonan kepada KKKS yang menjadi operator blok migas setempat dengan tembusan kepada Menteri ESDM cq Dirjen Migas dan Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPMigas). “Skema pengerjaannya adalah imbal jasa,” ucapnya.
Hingga saat ini, beberapa perjanjian kerja sama pengusahaan sumur tua telah ditandatangani. Antara lain antara PT Pertamina EP dengan  dua BUMD PT Sarana Patra Jateng dan PT PT Blora Patra Energi untuk memproduksikan 74 sumur tua di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Sebelumnya pada Maret 2009, Pertamina EP menandatangani kerja sama serupa dengan KUD Wargo Tani Makmur untuk pengelolaan 24 sumur tua di Blora Jawa Tengah. “Potensinya masih banyak karena di Indonesia total terdapat 13.824 sumur tua yang bisa dikelola,” sebut Evita.
Sementara itu, lanjut Evita, pemerintah kini juga mendorong peningkatkan peran perusahaan nasional seperti operatorship oleh perusahaan nasional, serta penggunaan SDM nasional dan penggunaan barang dan jasa nasional. “Untuk meningkatkan operatorship, strategi yang dilakukan adalah pengusahaan pertambangan minyak bumi pada sumur tua dan pengembalian bagian wilayah kerja yang tidak dimanfaatkan oleh KKKS dalam rangka peningkatan produksi migas,” jelasnya.
Langkah lainnya adalah memberikan participating interest sebesar 10 persen kepada perusahaan nasional untuk lapangan-lapangan yang sudah mendapatkan persetujuan plan of development (POD) I, secara business to business dimungkinkan untuk pengalihan working interest dan badan usaha dimungkinkan untuk mengikuti sistem pelelangan dalam pengelolaan wilayah kerja (WK) migas.
Adapun untuk meningkatkan penggunaan SDM nasional agar mencapai target 99 persen pada tahun 2025 (saat ini 98,46 persen), pemerintah telah menyiapkan berbagai kebijakan. Antara lain melalui pembatasan penggunaan tenaga kerja asing (TKA) di sektor migas dengan mempertimbangkan kebutuhan dan ketersediaan tenaga kerja nasional. “Hanya beberapa jabatan saja yang bisa ditempati tenaga kerja asing. Tidak bisa semuanya,” katanya. (owi)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: