Skip to content

Bupati Siak Hadiri Munas BKSBUMDSI dan BUMD Strategic Forum

March 8, 2011

Diambil dari http://utusanriau.com

Siak, Utusanriau.com – Bupati Siak, Syamsuar menghadiri Musyawarah Nasional Badan Kerjasama BUMD Seluruh Indonesia (BKSBUMDSI) dan BUMD Strategic Forum 2012, di Istana Wakil Presiden, Kamis (8/3). Kegiatan dibuka Wakil Presiden (Wapres) Boediono.

Dalam pidatonya, Wapres mengatakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) memiliki peran penting untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan melaksanakan pembangunan secara umum. Tetapi dalam melaksanakan tugasnya, BUMD harus memperbaiki kinerjanya terutama aspek tata kelola. “Bagaimana meningkatkan standar tata kelola dari semua BUMD. Kuncinya disana,” ujar Wapres.

Wapres menganalogikan BUMD-BUMD sebagai bayi-bayi yang sudah lahir dan harus dikelola dengan baik, baik secara internal maupun eksternal. Pada sisi internal adalah pengelolaan BUMD itu sendiri. Wapres pun berharap agar BKSBUMDSI dapat memberikan petunjuk manual tata kelola perusahaan bagi seluruh BUMD. “Menyebarkan standar tata kelola yang baik dengan mencari praktek yang baik dan diseminasikan,” ujar Wapres.

Di sisi eksternal, Wapres mengharapkan agar BUMD dapat melakukan hubungan yang pas dengan pimpinan daerah selaku eksekutif dan DPRD selaku legislatif. Wapres berpesan agar pihak eksekutif dan legislatif tidak melakukan intervensi terlalu besar. Intervensi yang besar akan memberikan rambu-rambu yang sempit bagi profesional untuk berkarya. “Ini akan mengurangi potensi untuk mencapai prestasi tinggi. Intervensi yang pas adalah jangan saban kali diintervensi. Tapi dilepas sama sekali juga tidak benar,” ucap Wapres. Oleh karenanya ia mengharapkan agar hubungan eksternal BUMD dengan dengan pemangku kepentingan harus tepat.

Sementara itu Bupati Siak Drs. H. Syamsuar M.Si saat berkesempatan menghadiri Munas BKS BUMDSI yang berlangsung di Hotel Borobudur dari tanggal 7 – 9 maret ini menanggapi, berbagai cara dapat dilakukan pimpinan daerah untuk meningkatkan PAD, dari mulai yang sangat pasif hingga sangat aktif.

Terlebih saat ini Siak memiliki sejumlah BUMD yang memerlukan tata kelola untuk benar-benar menghasilkan PAD dimasa-masa mendatang. “Kita mesti mengupayakannya, daerah harus bisa menciptakan PAD dari BUMD yang ada. Karena tidak selamanya BUMD yang bergerak dibidang migas yang selalu diandalkan,” ujar Bupati disela-sela acara pembukaan tersebut.

Bupati memaparkan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah. Misalnya, mengundang investor dari luar untuk mengeksploitasi kekayaan alam yang ada jika tidak memungkinkan untuk diolah oleh pemerintah daerah karena memerlukan teknologi tinggi. Bila pemda hanya meminta bagian bagi kas tanpa memikirkan banyak hal termasuk tentang sumber daya manusianya, maka tindakan seperti itu kelewat pasif. Cara yang yang lebih aktif adalah meminta bagian dalam saham kepemilikan. “Pemda menjadi bagian pengelola perusahaan itu. Artinya, pemda harus mempunya kemampuan dan ikut serta secara aktif untuk mengawal perusahaan,” ucap nya. Dalam kondisi seperti ini, pemda harus memiliki kapasitas tata kelola perusahaan dan turut terlibat dalam kerjasama.

Cara yang lebih lanjut adalah dengan melakukan usaha patungan. Tetapi, cara mana yang dipilih sangat bergantung pada situasi daerah itu sendiri. “Tidak bisa serta merta, pokonya harus ini. Kita menginginkan dalam jangka panjang memberikan hasil yang bagus,” ujar nya. Hingga kini diperkirakan jumlan BUMD telah mencapi lebih dari 1000 unit dengan aset Rp. 340 Triliun yang tersebar di seluruh Indonesia dan berbagai bidang usaha.

Turut hadir mendampingi Wapres, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. Acara ini dihadiri oleh Wakil Gubernur, Bupati, Walikota, Wakil Bupati, Wakil Walikota, dan 300 peserta munas yang terdiri dari DPD BKSBUMDSI, Komisaris dan Direksi BUMD. Hadir pula Pimpinan BUMD dari Kabupaten Siak diantaranya, Direktur PT. KITB, Direktur PT Persi, Direktur PT. SPE, dan Perwakilan dari PT. BSP. Pembukaan Munas ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Presiden didampingi oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.
(rilis humas siak)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: